Apa itu Marketing dan Perannya?

Marketing bisa di katakan ujung tombak sebuah perusahaan. ngomong-ngomong selamat datang di blog baruku ya guys. Blog ini mengupas secara khusus tentang marketing khususnya marketing bank. dimana perjalanan ini sesuai dengan pengalamanku ketika masih bekerja di bank sebagai marketing.

Apa itu Marketing Bank?,

Secara umum nama lain marketing adalah pemasar. jika marketing bank berarti pemasar bank?.
hehehe bukan. bukan bank nya mau di jual tapi produk bank nya lah yang di jual. beberapa bulan yang lalu Aku mendapat penjelasan tentang perbedaan antara marketing dan sales. keduanya hampir sama namun ada perbedaan sedikit. dimana marketing hanya bekerja mengenalkan produk, sedangkan sales tugasnya adalah menjual produk. dari sini paham kan?.
Sepintas memang berbeda jika kamu menemukan perusahaan lain (diluar bank). tapi dari pengalamanku dibidang ini adalah marketing dan sales sama-sama menjual produk. mari flashback sejenak dimana Aku masih bekerja di sebuah bank sebagai marketing sekitar tahun 2011. saat itu sales & marketing tiada bedanya. jadi apa saja yang Aku kerjakan saat itu?

Marketing Produk

Sama seperti yang Aku sebutkan diatas bahwa tugas seorang marketing bank adalah mengenalkan produk. disini Aku menjelaskan apa saja produk-produk bank secara detail serta apa saja keuntungannya dari pada produk bank lain. kebanyakan orang-orang akan melihat beberapa sisi sebelum mau menjadi nasabah :
  • Nama Bank-nya. artinya bank tersebut harus terpercaya, bukan bank kecil, bukan bank baru. orang akan lebih mempercayai bank-bank yang sudah familira ditelinga mereka. sebut saja : Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, Bank BNI, dsb. terlebih bank tersebut milik pemerintah yang konon katanya lebih tahan banting (ngga bakal bangkrut).
  • Suku bunga yang rendah. ini juga faktor sangat penting kenapa orang mau menjadi nasabahmu. tentu saja orang tidak mau dibebankan bunga yang besar. sekalipun orang itu (nasabah) di iming-imingi prosesnya cepat dan mudah. kecuali kebutuhannya benar-benar mendesak, maka orang itu tak segan-segan mengambil yang mudah & cepat meskipun bunga terbilang cukup besar.

Sales Produk

Apa yang Aku lakukan saat itu bisa dibilang merangkap. karena selain memperkenalkan produk, juga menjual produk. menjual pinjaman tentu lebih mudah dari pada menjual simpanan seperti petugas FO (Funding Officer). tapi kenyataannya menjual uang pinjaman juga tak mudah mengingat ada kompetitor menawarkan suku bunga lebih rendah. ada beberapa faktor yang menjadi masalah kenapa kita sulit menjual pinjaman atau mendapat nasabah:
  • Sengitnya persaingan. karena bank-bank lokal menawarkan suku bunga rendah.
  • Tidak tercovernya antara nominal pinjaman dan agunan (jaminan). namun hal ini berbeda dengan KUR (kredit usaha rakyat). dimana nasabah bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan. hanya saja terbatas. biasanya maximal Rp. 20,000,000. itupun tergantung kebijakan bank. karena setiap bank punya aturan sendiri.
  • Jarak kantor (lokasi kita bekerja) dan jarak nasabah terlalu jauh. meskipun kamu bisa mendapatkannya, tentu saja tak cukup datang sekali kekantor. belum lagi kalau ada masalah ditengah proses cicilan berjalan.
Sejatinya menurutku Sales & Marketing sama-sama menjual produk. entah si marketing hanya menjual teorinya, sedangkan si sales menjual produknya.
Selanjutnya, akan Aku kupas apa saja pekerjaan marketing, sales, beserta perlengkapannya. nantikan di pertemuan berikutnya ;)

Author:

Minimalism, a simple man, nomadic.

Get Free Email Updates

Berlangganan artikel terbaru seputar jurus jitu marketing. langsung ke email kamu.

Ads 1
Ads 2

Komentar via Facebook